Blog Ini Lagi Dimarahin Kang Google (Masuk di google sandbox)

http://www.hilmifirdaus.com/2009/10/apa-itu-google-sandbox.html
Arti google sandboxAkhirnya….. blog ini merasakan bagaimana pahitnya di marahin kang google :D. Untuk para master seo pasti sudah mengenal baik apa itu google sandbox, tapi untuk pemula(termasuk saya) masih banyak yang belum fammilier.
Apa itu google sandbox? Menurut blogger tetangga yang saya browsing, google sandbox adalah sulitnya sebuah situs dan halaman yang di posting masuk dalam hasil pencarian search engine google, lebih sederhananya sebuah bentuk hukuman dari google karena terlalu berlebihan melakukan optimasi seo atau juga sebuah perpeloncoan yang dilakukan oleh universitas google :D. Mungkin ada yang mau menambahkan?
Kenapa Harus ada google sandbox? Sebagai bentuk upaya google untuk mengurangi spam yang terindexs, atau sebagai penyaring/filter yang memakai trik-trik seo yang instant seperti black hat yang tidak disukai oleh google.
Berawal dari pergantian domain baru kemudian melakukan sedikit riset ternyata blog ini masih sangat ngos-ngosan menjaring traffic di search engine terutama google. Berangkat dari motivasi tersebut akhirnya saya membongkar-bongkar ebook dan blog yang mengupas habis tentang SEO supaya bisa masuk jajaran top 10 google. Untuk minggu kemarin Pada awalnya optimasi tersebut sudah berjalan relatif sukses sesuai harapan, karena banyak artikel-artikel dengan keyword andalan yang dibidik sudah masuk ke jajaran elit google (untuk pemula seperti saya merupakan sebuah prestasi) dan sudah sedikit bisa bersaing dengan master-master seo yang sudah senior dan malang melintang di jagad per SEO an :D. Bahkan untuk keyword yang begitu amat sangat banyak persaingan seperti “belajar bisnis internet” “panduan bisnis online” “bisnis online pemula” “bisnis internet pemula” sudah bisa bertengger di posisi 5 sampai 15, dan untuk minggu kemarin bisa menjaring pengunjung sekitar 130-180an visitor via search engine dan sudah lumayan stabil Tapi sekarang… masuk jajaran 1000 pun tidak ada, entah kemana dan berada di posisi berapa sekarang, hanya beberapa artikel saja yang masih terindeks. Itupun tidak masuk top 10 :(( yang jelas efeknya pengunjung dari search engine menurun drasitis. google sandbox oh..google sanbox.
Untuk cek posisi artikel anda silahkan masuk ke : http://www.seoserp.com/web_tools/google_top_1000_serps_checker.asp
Ada beberapa kesalahan yang begitu mendasar yang saya lakukan dalam optimasi blog ini yakni Terlalu berlebihan dalam melakukan optimasi seperti :
  • Memasang meta tag yang berlebihan (meskipun menurut informasi sekarang google, meta tag bukan hal yang terpenting lagi) baik meta tag yang di berikan oleh google maupun meta tag yang di buat oleh sendiri.
  • Memasang meta tag description setiap halaman posting secara manual dan berlebihan. (karena blogspot harus secara manual dipasang tidak seperti worpress yang sudah canggih)
  • Mensubmit dengan software ke situs iklan baris secara sporadis. Saya pernah mensubmit dalam 1 hari total 1300 iklan baris memakai software. Wooww… mungkin inilah penyebab utama dimarahin google.( maafin saya donk kang google, ampun deh kapok :D )
Tapi ada beberapa informasi didapat yang lumayan membuat saya bisa bernafas lega yaitu :
  • Seringkali domain baru(pergantian ke domain baru) memang lebih rentan kena google sandbox. Dan itu hanya untuk sementara mungkin 3 hari 1 minggu dan katanya paling lama bisa 6 bulan :((
  • Setelah kena google sandbox posisi situs kita akan jauh lebih baik ( nahh yang ini mudah-mudahan benar informasinya :D )
Saran saya cukup sederhana, apabila anda lagi mempelajari teknik seo dasar dan belum banyak menguasai, lebih baik melakukan optimasi yang sewajarnya dulu, jangan terlalu berlebihan seperti yang saya lakukan.

2 Responses to "Blog Ini Lagi Dimarahin Kang Google (Masuk di google sandbox)"

  1. Blog Tia masuk ke Sandbox mbah gugel juga nga ya kak ??

    BalasHapus
  2. Submit your website or blog now for indexing in Google and over 300 other search engines!

    Over 200,000 websites submitted!

    SUBMIT TODAY with I NEED HITS!!!

    BalasHapus

masukan anda terima kasih kami,
tanpa spam dan tanpa kata-kata kotor

Popular

Blog Archive

Silakan kunjungi :

iklan=herigator@gmail.com iklan=herigator@gmail.com iklan=herigator@gmail.com