Cara memperbaiki cartridge printer yang rusak / macet

baik kali ini saya akan membahas bagaimana cara memperbaiki cartridge printer yang hasilnya terputus-putus, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang cartridge printer yang selama ini kurang kita pahami, cartridge printer biasanya mempunyai keterbatasan usia pemakaian, sebagian besar perusahaan mengajurkan untuk mengganti cartridge setelah tinta yang terdapat didalamnya habis, namun anjuran perusahaan untuk membeli cartridge baru sering sekali tidak sesuai dengan biaya yang kita keluarkan, 

yang kedua yang perlu kita pahami dalam memilih tintah yang akan kita masukkan kedalam cartridge, usahakan tinta yang digunakan mempunyai kekentalan yang rendah, karena jika terlalu kental ini akan menyebabkan penyumbatan pada ujung Head cartridge, tinta jangan dicampur dengan merk lain, jika tidak memungkinkan untuk mencari tinta dengan merk serupa, hendaklah tinta dalam cartridge harus dikeluarkan dulu, kalau bisa di cuci bersih dulu dengan air hangat sebelum memasukkan tinta dengan merk yang berbeda. jika sudah terlanjur mencampurkan dua tinta yang berbeda merk dan kekentalannya yang mengakibatkan hasil print terputus-putus mari kita simak artikel Cara memperbaiki cartridge printer saya dibawah ini.

Alat dan bahan
  1. Wadah penampung air.
  2. Sedotan tinta.
  3. Air hangat yang jernih.
  4. Tissu steril.

Tata Cara memperbaiki cartridge printer
  1. Pastikan anda mengeluarkan semua tinta yang terdapat pada tabung cartridge, dengan cara meniup atau menghisap dengan sedotan tinta dengan tidak memakai ujung jarumnya.
  2. Setelah sebagian besar tinta keluar siapkan wadah penampung air untuk menampung air hangat.
  3. Masukkan air hangat kedalam wadah, perlu di ketahui yang kita gunakan adalah air hangat, bukan air panas, karena jika kita menggunakan air yang terlalu panas ini akan menyebapkan plastik pada jalur head cartridge akan meleleh.
  4. Silahkan celupkan ujung cartridge kedalama air hangat 10 hingga 30 menit, itu pun tergantung sebagaimana keadaan cartridge yang anda perbaiki tersumbat.
  5. Setelah cartridge anda celupkan kedalam air hangat, tiupkanlah angin menggunakan sedotan tinta berulang-ulang dengan perlahan-lahan, ini akan memudahkan untuk melepaskan sebagian besar tinta yang sudah membeku pada ujung head. 
  6. Isikan air hangat yang steril kedalam cartridge.
  7. Siapkan tissu untuk mengetahui air sudah keluar dengan sempurnah pada keseluruhan permukaan head, jika masih belum sempurna ulangi lagi proses nomor 4 s/d 6 untuk membersihkan ujung head.
  8. Bersihkan dan keringkan cartridge dari semua cairan, baik itu di dalam maupun diluar cartridge.
  9. Setelah cartridge dalam keadaan kering, maka isikanlah tinta yang mempunyai kekentalan yang rendah kedalam cartridge.
  10. Perlu kita ketahui jika kendala tersebut tidak bisa diatasi berarti Print Head padad cartridge sudah rusak ini diakibatkan oleh pemakaian printer yang berulang-ulang dalam keadaan terus menerus tanpa henti.
- See more at: http://www.proxyintech.com/2014/04/cara-memperbaiki-cartridge-printer.html#sthash.y46RFrKE.dpuf

0 Response to "Cara memperbaiki cartridge printer yang rusak / macet"

Posting Komentar

masukan anda terima kasih kami,
tanpa spam dan tanpa kata-kata kotor

Popular

Silakan kunjungi :

iklan=herigator@gmail.com iklan=herigator@gmail.com iklan=herigator@gmail.com